Ekonomi

APBD-Perubahan 2017 Kota Dumai Tunggu Verifikasi Provinsi Riau


APBD-Perubahan 2017 Kota Dumai Tunggu Verifikasi Provinsi Riau
Istimewa

DUMAISATU.COM - Persoalan penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017 yang telah disepakati kini tinggal menunggu diversifikasi oleh Gubernur Riau.

Hal itu disebutkan Fridarson selaku Sekretaris DPRD Kota Dumai. "Saat ini berkas sudah diantar ke pemerintah provinsi untuk dilakukan verifikasi oleh gubernur," ujar Fridarson.

Dijelaskan, segala bentuk proses mekanisme verifikasi telah dibahas secara bersamaan antara tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD yang berlangsung diperkirakan selama dua pekan lamanya.

Sementara itu didalam struktur APBD tahun 2017 ini, telah disepakati untuk pendapatan daerah itu sebesar Rp1.176 triliun. Terdapat didalamnya Rp1.150 triliun untuk keperluan belanja daerah.

Dari angka Rp1.50 tersebut sebesar Rp500 miliar akan digunakan atau berkisar 43,35 persen untuk biaya belanja tidak lansung daerah serta sebesar Rp649 miliar lagi atau 56,47 persen dari total belanja daerah akan digunakan utuk biaya belanja lansung daerah.

Dimana Belanja tidak langsung meliputi, belanja pegawai, subsidi, hibah, bantuan sosial, bantuan keuangan kepada provinsi, kabupaten kota dan pemerintahan desa serta belanja tidak terduga.

Walikota Dumai Zulkifli AS dihadapan hadirin di ruang paripurna DPRD Kota Dumai. Dia mengatakan pengajuan APBD Perubahan Tahun 2017 merupakan evaluasi terhadap pelaksanaan APBD tahun 2017 anggaran berjalan.

"Adanya perkembangan meningkat berdasarkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menjadi peningkatan diprediksi dengan membandingkan APBD 2017 dengan persentasi 11,3 persen," ujarnya.

Menurut Zul AS sapaan akrabnya menjelaskan, dalam rancangan APBD Perubahan tahun 2017 pemerintah selalu berupaya untuk terus meningkatkan kualitas belanja daerah secara menyeluruh dengan menggariskan dua langkah yakni mempertajam alokasi belanja untuk mendukung pembangunan

"Perlu kita sikapi dengan sebaik-baiknya agar tidak memberikan imbas negatif yang terlalu dalam terhadap perekonomian Kota Dumai. Tentunya dengan mengantisipasinya dalam program dan kegiatan akan dilaksanakan pada Perubahan APBD ini," ungkapnya.

Penulis: Deka Handani

Penulis:


Tag:APBD Perubahan 2017APBD-Perubahan 2017DPRD DumaiWalikota Dumai