Maritim

Wacana 11 April, Terminal Pelabuhan Internasional Dumai Dibuka

Redaksi Redaksi
Wacana 11 April, Terminal Pelabuhan Internasional Dumai Dibuka

DUMAISATU.COM - Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS meninjau Terminal Penumpang Pelabuhan Internasional Dumai, pada hari Sabtu (02/04).

Peninjauan ini dalam rangka mengecek kesiapan pelabuhan Internasional ini, mengingat Pemerintah Malaysia pun telah membuka pintu keluar dan masuk ke negaranya mulai 01 April 2022.

"Sudah dua tahun Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai ini tidak beroperasi disebabkan Pandemi Covid-19. Namun, Insyaallah, Kota Dumai sebagai salah satu gerbang siap membuka pelabuhan penumpang dari dan ke negeri jiran itu (Malaysia) mulai Senin, 11 April 2022," ucapnya usai meninjau pelabuhan didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Zulkarnain, S.Sos. M.Si.

Lanjut H. Paisal, kondisi Pelabuhan Internasional secara umum masih dalam keadaan baik seperti suplai listrik untuk mendukung operasi peralatan lebih dari cukup. Kemudian instrumen lainnya separti xray, pemindai suhu, dan lainnya sudah ada dan siap dioperasikan.

“Alhamdulillah, kita sangat gembira pelayaran Dumai-Malaysia kembali dapat beroperasi, baik itu melalui Melaka, Port Dickson maupun Port Klang. Karena ini memberikan dampak ekonomi bagi Kota Dumai. Insyaallah Kamis ini sudah clear semua. Termasuk rekomendasi dari Satgas dan Gubernur,” imbuh Paisal.

Disisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Zulkarnain mengatakan mulai Senin (04/04/2022) hingga Kamis (07/04/2022) akan dilakukan inventarisasi, pembenahan dan penambahan fasilitas di termnal penumpang Internasional Pelindo Dumai.

“Sesuai arahan Wali Kota, paling lambat hari Kamis sudah harus selesai. Kami langsung berkoordinasi dengan pihak terlait. Seperti Pelindo, Imigrasi, KSKP, KKP dan Beacukai,” kata Zulkarnain.

Ia menambahkan bahwa Wali Kota Dumai meminta instansi terkait untuk memperbaiki dan menambah fasilitas yang diperlukan. Sesuai hasil pemantauan di lapangan.

“Melihat kondisi terminal yang sudah lama tidak dipakai, tentunya harus dilakukan pembersihan dan perbaikan jika ada fasilitas yang rusak seperti karpet, AC dan lain-lain. Intinya harus bersih dan nyaman,” tuturnya.*

Penulis: M Ridduwan

Editor: Redaksi


Tag:Berita DumaiPelabuhan Dumai