Budaya

Walikota Zul AS Pimpin Apel Konsolidasi Persiapan PSBB di Dumai

admin admin
Walikota Zul AS Pimpin Apel Konsolidasi Persiapan PSBB di Dumai
Istimewa

DUMAISATU.COM -Walikota Dumai H. Zulkifli As memimpin apel konsolidasi persiapan pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) di wilayah Kota Dumai, Senin (18/5/2020).

Apel dilaksanakan di lapangan upacara kantor eks walikota Jalan HR Subrantas Dumai, Sabtu (16/5/2020).

Pada kesempatan itu, walikota Dumai H Zulkifli As mengatakan, PSBB mulai berlaku Senin (18/5/2020) sebagai upaya pencegahan Virus Corona (Covid-19).

"Pada pelaksanaan PSBB ini paling penting adalah masyarakat bisa mengetahui dan mematuhi apa saja pembatasan sosial yang dilakukan karena jika masyarakat tidak tahu bagaimana PSBB bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Lanjutnya, ada beberapa kewajiban seperti kewajiban umum, masyarakat diminta menggunakan masker, menjaga jarak, pola hidup bersih dan sehat serta tidak berkumpul lebih dari 5 orang di luar rumah.

Ada juga pembatasan aktivitas masyarakat yang di atur dalam PSBB seperti penghentian aktivitas sekolah dan institusi pendidikan, pembatasan aktivitas jam kerja, kegiatan keagamaan di rumah ibadah, pembatasan di fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya serta pembatasan pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi.

"Sebenarnya secara umum pembatasan-pembatasan itu sudah dilaksanakan di Kota Dumai, saat pra PSBB, jadi PSBB ini lebih menguatkan saja agar masyarakat lebih disiplin karena ada sanksinya," terangnya.

Poin paling penting dari PSBB tersebut, dikatakannya yakni melakukan upaya untuk menekan kasus Covid-19 di Kota Dumai.

Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira sebelumnya mengatakan, personil Polres Dumai siap mensukseskan PSBB di Kota Dumai.

Dijelaskannya, pada penerapan PSBB ada beberapa titik check point yaitu di perbatasan Dumai - Rohil, perbatasan Dumai - Bengkalis dan check point perbatasan Dumai - Duri di Bukit Kapur.

Petugas yang melaksanakan dinas di titik-titik check Point adalah petugas gabungan dan mereka harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Hadir pada kesempatan itu, Dandim 0320 Dumai, Letkol Inf Irdhan, Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira.

Apel diikuti ratusan petugas gabungan dari unsur TNI/POLRI, Dishub, Dinkes, Satpol PP, Tenaga medis dan lainnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: M Ridduan


Tag:PSBB DumaiPemko DumaiWalikota Dumai