Maritim

Jalur Kapal Penumpang Dumai - Malaka Resmi Dibuka

Redaksi Redaksi
Jalur Kapal Penumpang Dumai - Malaka Resmi Dibuka
Istimewa

DUMAISATU.COM - Sempat terhenti sekitar 2 tahun akibat pendemi Covid-19, akhirnya pelayaran perdana kapal penumpang dengan tujuan Dumai - Malaka Port Dickson kembali dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau (Gubri) H.Syamsuar, Kamis (5/5/2022).

Mengawali acara re-opening, Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Indra Gunawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa langkah-langkah taktis telah dilakukan sebelum re-Opening Pelabuhan Terminal Penumpang Internasional (TPI) PT. Pelindo I Dumai.

Menurut Indra, dari tinjauan tersebut, diketahui kondisi pelabuhan terminal penumpang secara umum masih dalam kondisi baik, suplai listrik untuk mendukung operasi peralatan lebih cukup, serta instrumen seperti x-ray, pemindai suhu dan lainya siap dioperasikan.

"Setelah dilakukan inventarisasi, pembenahan, dan penambahan fasilitas di terminal Terminal Penumpang Internasional PT. Pelindo I Dumai, Alhamdulillah Kota Dumai sebagai salah satu gerbang Indonesia di wilayah barat siap membuka pelabuhan penumpang dari dan ke negeri jiran Malaysia," ucap Sekdako Dumai.

Indra berharap, dengan kembalinya beroperasi rute Dumai-Melaka/Port Dickson ini tidak hanya mampu memanfaatkan sebagai leverage factor untuk mengkapitalisasi berbagai potensi ekonomi yang tersedia.

"Namun juga membuka kesempatan-kesempatan lain dalam bentuk transportasi dan konektifitas maritim yang lebih lancar dalam meningkatkan hubungan perdagangan yang lebih intens antara kita dan negeri jiran," tuturnya.

Sementara itu, Gubri dalam sambutannya mengatakan, dengan kembali dibukanya pelabuhan internasional ini dapat meningkatkan perekonomian sekaligus menunjang kegiatan pariwisata yang ada di Riau.*

Penulis: Redaksi

Editor: Rezi AP


Tag:Dumai - MalakaPelabuhan Dumai