Ekonomi

Kepala Disdag Dumai: Awal Tahun 2024 Harga Bahan Pangan Stabil

Redaksi Redaksi
Kepala Disdag Dumai: Awal Tahun 2024 Harga Bahan Pangan Stabil

DUMAISATU.COM -Harga sejumlah bahan pangan di Pasar Bunda Sri Mersing (Pasar Pulau Payung) cenderung stabil diawal tahun 2024.

Pemerintah Kota Dumai (Pemko) Dumai melalui Dinas Perdagangan Kota Dumai terus memantau perkembangan harga sembako di pasar tersebut.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Dumai, Fridarson, SH. M.Si saat dijumpai Tim Peliput Kominfo Dumai, Kamis (25/1/2024).

Diungkapkannya, beberapa komoditi seperti bawang merah, bawang putih mengalami kenaikan namun tidak signifikan. Sedangkan cabai merah besar mengalami sedikit penurunan harga yang tidak terlalu jauh dari seminggu lalu.

"Berdasarkan data Kertas Kerja Pemantauan Harga Barang Kebutuhan Pokok , harga bawang merah sedikit mengalami kenaikan yakni di harga yang bervariasi Rp 38.000/kg hingga Rp 40.000/kg. Sedangkan untuk cabai merah besar harganya diangka Rp 50.000/kg, turun sedikit dari minggu sebelumnya," ungkap Fridarson.

Ia juga menyampaikan bahwa harga rata-rata minyak goreng curah saat ini di angka Rp 13.500 per liter dan harga telur ayam ras / broiler yaitu Rp 27,200 per kilogram (kg).

"Diawal tahun 2024 ini kami pantau, harga dipasaran sepertinya tidak menjadi kekhawatiran konsumen dalam membeli bahan pokok. Harga masih stabil, tidak ada fluktuasi walaupun ada beberapa yang mengalami kenaikan. Secara keseluruhan, harga barang pokok cenderung menurun dibandingkan dengan harga pada Desember lalu saat Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

Lebih lanjut, Fridarson mengungkapkan di bulan Januari, ketersedian barang pokok tidak ada hal yang mengkhawatirkan. Pasokan ketersediaan cukup dan harga stabil. Sehingga harapannya, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kenaikan beberapa komoditas harga bahan pokok ini.

"Untuk memastikan kenyamanan pembeli maupun penjual, baik dari sisi tempat, stok maupun harga, Disdag Dumai rutin melakukan pemantauan atau monitoring di pasar-pasar rakyat yang ada di Kota Dumai," sebutnya.

Terakhir, Fridarson berharap dengan rutinnya melaksanakan pemantauan di pasar serta melakukan sinergi bersama pihak terkait, dapat menekan tingginya harga di pasaran.

"Inshaallah, Disdag Dumai komit untuk memberikan kenyamanan, baik pedagang maupun pembeli," pungkasnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: Hendra Gunawan

Sumber: Diskominfo Dumai


Tag:Harga PanganPemko DumaiWalikota Dumai