Pengganti Kursi Kosong Sekda Dumai?

Selasa, 11 Desember 2018 16:43:00
BAGIKAN:
Net - Ilustrasi

DUMAISATU.COM - Kosongnya kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai pasca ditahannya Muhammad Nasir oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) beberapa hari lalu memunculkan peluang bagi banyak pejabat untuk menduduki kursi nomor tiga di Pemerintah Kota Dumai.

Kalau sebelumnya publik menyorot dua nama pejabat yaitu Hamdan Kamal dan Amiruddin, yang dinilai layak menduduki kursi Sekretaris Daerah Kota Dumai untuk menggantikan Muhammad Nasir yang saat ini sedang tersandung proses hukum.

Diperjalanan waktu sebelum ada langkah kongkrit yang diambil Walikota Dumai Zulkifli AS, muncul nama pejabat yang dinilai lebih layak. Adalah Hendri Sandra, SE yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai.

Pejabat muda ini dinilai sangat layak untuk mengemban amanah sebagai Sekretaris Daerah Kota Dumai. Sepak terjangnya di birokrat cukup mumpuni dan mampu membangun komunikasi antara Pemerintah Kota Dumai dan DPRD Kota Dumai.

Tak sampai disitu, Satrio Wibowo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dumai, juga memiliki peluang besar untuk menduduki kursi Sekda Kota Dumai. Pejabat ini memiliki hubungan cukup dekat dengan Walikota Dumai Zulkifli AS.

Iwan Iswandi, pengamat pemerintahaan yang juga jebolan dari Universitas Ekasakti Padang mengomentari bahwa dari empat pejabat yang muncul ke publik belakangan ini memungkinkan satu nama yaitu Hendri Sandra yang dinilai layak untuk mengisi kursi Sekda Kota Dumai.

"Sekda itukan ketua tim anggaran pemko, dia juga pembina kepegawaian makanya otomatis menjadi tim Baperjakat. Kemudian jadi pengelola aset daerah, termasuk administrator antara kebijakan pimpinan dan SKPD. Hendri Sandra memiliki kriteria itu," jelasnya, Selasa (11/12/18).

Menyikapi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai turut prihatin terkait penahanan Sekda Kota Dumai MHN oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan tetap menjunjung tinggi dan sangat menghormati proses hukum yang ada.

Penegasan ini disampaikan Walikota Dumai Zulkifli AS melalui Plt Kabag Humas Sekdako Dumai Riski Kurniawan. "Pemko Dumai menyampaikan prihatin atas ditahannya Sekda Kota Dumai. Semoga beliau dan keluarga diberikan ketabahan untuk menghadapi masalah ini," ujarnya.

Menurutnya, Muhammad Nasir selama menjabat sebagai Sekda Kota Dumai pekerja keras dan dikenal dekat dengan masyarakat. Maka dari itu, Pemerintah Kota Dumai berharap keluarga tabah menjalaninya.

Orang nomor satu di Kota Dumai ini memastikan roda kinerja Pemerintah Kota Dumai tidak akan terganggu pasca Sekda Kota Dumai Muhammad Nasir ditahan oleh komisi anti rasuah dalam dugaan kasus hukum.

"Saya akan tunjuk pejabat sementara untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai Sekda Dumai. Untuk pejabatnya sendiri tentunya harus dibahas secara tepat, karena ini demi mensukseskan roda pemerintah Kota Dumai kedepannya," pungkasnya.

Penulis: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ecko Cup U-14 Resmi Dibuka, Diikuti 24 SSB di Dumai

    DUMAISATU.COM - Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pembinaan sepakbola usi

  • Buruan, Ada Promo Diskon di PLN Dumai

    DUMAISATU.COM - PT PLN UP3 Dumai Sosialisasi promo dan diskon besar-besaran untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat

  • Sudah Direncana Percobaan Pembakaran Bank BNI di Dumai

    DUMAISATU.COM - Margono (43) warga Jalan Wahidin, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, pelaku yang berupaya melakukan pemba

  • Pria Berbaju Merah Coba Bakar Bank BNI di Dumai

    DUMAISATU.COM - Seorang pria tak dikenal mengenakan baju merah mengamuk dan merusak serta menyiram minyak untuk membakar Ba

  • KOMENTAR