• Home
  • Maritim
  • Kebakaran Lahan Milik Pertamina Dumai Meluas

Kebakaran Lahan Milik Pertamina Dumai Meluas

Jumat, 29 Maret 2019 14:52:00
BAGIKAN:
Net-Ilustrasi

DUMAISATU.COM - Hutan dan lahan milik PT Pertamina Refinery Unit (RU) II di Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan DumaiSelatan, Kota Dumai, Riau, juga ikut terbakar. Kondisinya masih semakin meluas.

Tim Manggala Agni Daops Dumai dikerahkan untuk membantu pemadamam api kebakaran hutan dan lahan milik Pertamina RU II.

"Kita baru hari ini melakukan pemadaman api di hutan dan lahan konsesi Pertamina, karena kita baru dapat informasi," ungkap Komandan Regu (Danru) I Manggala Agni Daops Dumai Rahmat saat berbincang dengan Kompas.com dikutip riaupembaruan.com, Kamis (28/3/2019).

Dia menyebutkan, satu regu tim Manggala Agni dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Kemudian di lokasi juga ada dari kepolisian, pemerintah kelurahan, kecamatan, TNI dan masyarakat.

Menurut Rahmat, upaya pemadaman memang semestinya dilakukan secara bersama-sama. Sebab, titik api cukup sulit dipadamkan.

"Sulitnya pemadamam karena titik ada di hutan. Kayu-kayunya besar. Kemudian titik api juga ada di lahan yang sudah ditanami sawit," ucap Rahmat.

Selain itu, sebut dia, lokasi kebakaran juga tanah gambut kering dengan kedalaman sekitar dua meter. Kemudian semak belukar juga cukup dalam.

"Kalau akses ke lokasi cukup mudah. Tapi memadamkan api dalam gambut itu yang susah," akui Rahmat.

Dia mengatakan, kebakaran saat ini terus meluas karena kondisi cuaca panas dan angin kencang.

"Tadi ada sekitar satu hektar yang sedang meluas terbakar. Kalau untuk keseluruhan, itu sekitar tiga hektar, tapi terus bertambah," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya telah melakukan penyekatan untuk mencegah meluasnya kebakaran tersebut.

"Lokasi kebakaran sudah kita sekat. Tapi, masalah arah angin tidak menentu sehingga bisa meluas lagi. Besok pemadamam masih kami lanjutkan," kata Rahmat.

Sementara itu, kebakaran hutan dan lahan juga sedang meluas di Jalan Dahlia, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau. Beberapa titik api yang membakar tanah gambut belum bisa dikendalikan.

Pengamatan dilapangan, Kamis, lokasi kebakaran masih mengeluarkan asap hitam dan putih membumbung tinggi ke udara. Petugas gabungan juga terus berupaya memadamkan api.

Editor: Iskandar M

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bravo, Nopiansyah Pimpin TKCI Cabang Dumai

    DUMAISATU.COM - Setelah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) pertama, Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Cabang Dumai dipimpin oleh Nopiansyah.
  • Tim SAR Gabungan Temukan Dua Life Jacket di Selat Malaka

    DUMAISATU.COM - Dalam pencarian korban kapal tenggelam di Tanjung Medang, Bengkalis, Tim SAR gabungan temukan dua buah life jacket atau pelampung.
     
  • Basarnas Pekanbaru Kerahkan Kapal Cepat Untuk Mencari Korban Kapal Karam di Perairan Rupat

    DUMAISATU.COM - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pekanbaru langsung terjunkan kapal Rigit Inflatable Boat (RIB) untuk mencari korban kapal pompong yang diduga
  • Diduga Membawa TKI Ilegal, Kapal Pompong Karam Saat Menuju Malaysia

    DUMAISATU.COM - Sebuah kapal pompong diduga mengangkut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal dikabarkan tenggelam saat me
  • KOMENTAR