• Home
  • Maritim
  • Api Karlahut Nyaris Bakar Rumah Warga di Mundam, Dumai

Api Karlahut Nyaris Bakar Rumah Warga di Mundam, Dumai

Rabu, 03 Juli 2019 08:37:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

DUMAISATU.COM - Satu unit rumah warga nyaris terbakar akibat kebakaran hutan dan lahan yang meluas di Jalan Dualim I, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, Selasa (2/7/2019) siang.

Berkat kesigapan petugas Manggala Agni Daops Dumai, api dapat dipadamkan. "Itu rumah baru dibangun. Belum ada penghuninya. Cuma tadi api (Karhutla) menjalar ke arah rumah tersebut. Berkat bantuan Manggala Agni api sudah berhasil dipadamkan," ujar Kepala Manggala Agni Daops Dumai Jusman saat dikonfirmasi, Selasa (2/7/2019).

Mengutip Kompas, Jarak api dengan bangunan rumah lebih kurang 3 meter. Seluruh kawasan rumah sudah gelap akibat kepulan asap lahan yang terbakar di area tanah gambut. Jusman mengatakan, lahan milik warga yang terbakar seluas sekitar satu hektar. Lahan tersebut berisi semak belukar dan sebagian sudah ditanami sawit.

Menurut Jusman, kebakaran lahan di Kelurahan Teluk Makmur sudah berlangsung dua hari. Beberapa kendala dihadapi petugas saat pemadaman.

"Kendala di lapangan, cuaca panas dan angin kencang di siang hari, yang menyebabkab asap semakin tebal. Untungnya sumber air tersedia di dekat lokasi. Tim saat ini masih terus berupaya mengatasi meluasnya kebakaran," kata Jusman.

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Dumai terdapat di dua titik, yakni di Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai dan Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur. Komandan Regu I Manggala Agni Daops Dumai, Rahmat saat dihubungi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pencegahan agar kebakaran hutan tidak merembet ke rumah warga.

Salah satunya kebakaran di Jalan Dualim I, yang mendekati perumahan warga. "Lokasi kebakaran jaraknya sekitar 10 meter dari perumahan warga. Tapi sudah kita buat sekat bakar agar tidak meluas," kata Rahmat.*

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bravo, Nopiansyah Pimpin TKCI Cabang Dumai

    DUMAISATU.COM - Setelah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) pertama, Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Cabang Dumai dipimpin oleh Nopiansyah.
  • Tim SAR Gabungan Temukan Dua Life Jacket di Selat Malaka

    DUMAISATU.COM - Dalam pencarian korban kapal tenggelam di Tanjung Medang, Bengkalis, Tim SAR gabungan temukan dua buah life jacket atau pelampung.
     
  • Basarnas Pekanbaru Kerahkan Kapal Cepat Untuk Mencari Korban Kapal Karam di Perairan Rupat

    DUMAISATU.COM - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pekanbaru langsung terjunkan kapal Rigit Inflatable Boat (RIB) untuk mencari korban kapal pompong yang diduga
  • Diduga Membawa TKI Ilegal, Kapal Pompong Karam Saat Menuju Malaysia

    DUMAISATU.COM - Sebuah kapal pompong diduga mengangkut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal dikabarkan tenggelam saat me
  • KOMENTAR