Abrasi Ancam Bandar Bakau Dumai

Selasa, 15 Januari 2019 11:22:00
BAGIKAN:
Istimewa
Akibat terjangan air laut yang terus menghantam bandar bakau Dumai.

DUMAISATU.COM - Mutiara Pantai Timur Sumatera menjadi primadona bagi perusahaan raksasa membangun sepanjang bibir pantai di Kota Dumai, Provinsi Riau tanpa memikir efek lingkungan.

Kebijakan pemerintah untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), apakah seiring dengan dampak lingkungan yang semakin hari memperburuk keadaan laut Dumai.

Sekitar 200 meter hutan manggrove di Dumai tergerus abrasi karena terjangan gelombang air laut terpusat ke Bandar Bakau, jika tidak diselamatkan sepuluh tahun mendatang kawasan tersebut hanya tinggal kenangan.

Penggiat lingkungan Darwis, pengelola Bandar Bakau Dumai menyebutkan saat ini gelombang air laut terpusat menghantam Bandar Bakau.

"Ini akibat kiri dan kanan Bandar Bakau sudah diturap oleh pabrik, sehingga efeknya pukulan gelombang mengarah kesini dan membuat terjadinya abrasi di kawasan ini," kata Darwis, Selasa (15/1/2019).

Darwis yang merupakan pengurus Pecinta Alam Bahari (PAB) Kota Dumai juga menjelaskan, dalam sepeluh tahun mendatang Bandar Bakau akan habis oleh gelombang laut.

"Untuk menyelamatkan hutan bakau ini perlu ditanam 60 ribu batang manggrove, jika tidak ini hanya tinggal kenangan," katanya kembali.

Disebutkannya juga, pihaknya juga telah mempersiapkan seluruh bibit baru manggrove yang akan ditanam secara rapat untuk menyelamatkan kawasan tersebut.

"Kita sudah mempersiapkan seluruh batang manggrove yang dibutuhkan untuk menyelamatkan hutan ini, dan akan ditanam pada hari Hutan Sedunia bulan Maret mendatang," katanya.

Penulis: Iwan

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Wako Dumai: Mobil Dinas Dilarang Dibawa Mudik

    DUMQISATU.COM - Larangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang larangan menerima parsel dan menggunakan mobil dinas (M

  • Jelang Sahur, Empat Unit Rumah Ludes Terbakar di Dumai

    DUMAISATU.COM - Jelang sahur di hari kedua Ramadhan 1440 H, empat rumah di Kota Dumai terbakar yang terlatak di Jalan Belim

  • Warga Teluk Makmur Dumai, Temukan Mayat Wanita Tanpa Kepala

    Penemuan mayat wanita di pemukiman warga Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, menggegerkan warga setempat, Kamis (02/05/2

  • Januari-April 2019, 144 Orang Penderita DBD di Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Terhitung dari Januari hingga April 2019. Terdapat sedikitnya 144 orang pasien penderita Demam Berdarah

  • KOMENTAR