Abrasi Ancam Bandar Bakau Dumai

Selasa, 15 Januari 2019 11:22:00
BAGIKAN:
Istimewa
Akibat terjangan air laut yang terus menghantam bandar bakau Dumai.

DUMAISATU.COM - Mutiara Pantai Timur Sumatera menjadi primadona bagi perusahaan raksasa membangun sepanjang bibir pantai di Kota Dumai, Provinsi Riau tanpa memikir efek lingkungan.

Kebijakan pemerintah untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), apakah seiring dengan dampak lingkungan yang semakin hari memperburuk keadaan laut Dumai.

Sekitar 200 meter hutan manggrove di Dumai tergerus abrasi karena terjangan gelombang air laut terpusat ke Bandar Bakau, jika tidak diselamatkan sepuluh tahun mendatang kawasan tersebut hanya tinggal kenangan.

Penggiat lingkungan Darwis, pengelola Bandar Bakau Dumai menyebutkan saat ini gelombang air laut terpusat menghantam Bandar Bakau.

"Ini akibat kiri dan kanan Bandar Bakau sudah diturap oleh pabrik, sehingga efeknya pukulan gelombang mengarah kesini dan membuat terjadinya abrasi di kawasan ini," kata Darwis, Selasa (15/1/2019).

Darwis yang merupakan pengurus Pecinta Alam Bahari (PAB) Kota Dumai juga menjelaskan, dalam sepeluh tahun mendatang Bandar Bakau akan habis oleh gelombang laut.

"Untuk menyelamatkan hutan bakau ini perlu ditanam 60 ribu batang manggrove, jika tidak ini hanya tinggal kenangan," katanya kembali.

Disebutkannya juga, pihaknya juga telah mempersiapkan seluruh bibit baru manggrove yang akan ditanam secara rapat untuk menyelamatkan kawasan tersebut.

"Kita sudah mempersiapkan seluruh batang manggrove yang dibutuhkan untuk menyelamatkan hutan ini, dan akan ditanam pada hari Hutan Sedunia bulan Maret mendatang," katanya.

Penulis: Iwan

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bravo, Nopiansyah Pimpin TKCI Cabang Dumai

    DUMAISATU.COM - Setelah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) pertama, Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Cabang Dumai dipimpin oleh Nopiansyah.
  • Tim SAR Gabungan Temukan Dua Life Jacket di Selat Malaka

    DUMAISATU.COM - Dalam pencarian korban kapal tenggelam di Tanjung Medang, Bengkalis, Tim SAR gabungan temukan dua buah life jacket atau pelampung.
     
  • Basarnas Pekanbaru Kerahkan Kapal Cepat Untuk Mencari Korban Kapal Karam di Perairan Rupat

    DUMAISATU.COM - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pekanbaru langsung terjunkan kapal Rigit Inflatable Boat (RIB) untuk mencari korban kapal pompong yang diduga
  • Diduga Membawa TKI Ilegal, Kapal Pompong Karam Saat Menuju Malaysia

    DUMAISATU.COM - Sebuah kapal pompong diduga mengangkut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal dikabarkan tenggelam saat me
  • KOMENTAR