Kesehatan

Jubir Gugus Tugas Dumai Sebut Ada Penambahan 1 Kasus Positif Covid 19


Jubir Gugus Tugas Dumai Sebut Ada Penambahan 1 Kasus Positif Covid 19

DUMAISATU.COM -Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Dumai hasil swab test bertambah 1 kasus. Pasien 16 ini berinisial SO (42) jenis kelamin laki-laki, pegawai di Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Hal itu disampaikan juru bicara gugus tugas Covid-19 Dumai dr Syaipul, Rabu (13/5/2020).

"Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Dumai hasil swab test bertambah 1 kasus, inisial SO (42) jenis kelamin laki-laki, pegawai di Dinas Kesehatan Kota Dumai, SO termasuk orang tanpa gejala (OTG)," kata Syaipul.

Lanjutnya, penambahan 1 kasus tersebut, setelah tim gugus tugas Covid-19 Kota Dumai menerima laporan hasil pemeriksaan swab dari Laboratorium Bio Molekuler RSUD Arifin Ahmad Pekabaru pada Rabu (13/5/2020).

Ia menambahakan, dengan penambahan 1 kasus terkonfirmasi positif ini, total kasus positif Covid-19 jadi 16 orang, dengan rincian 12 orang dinyatakan sembuh dan boleh pulang, 4 orang masih dirawat di RSUD Dumai.

Dijelaskannya, SO sebelumnya mengikuti kegiatan rapid test Covid-19 di kantor Dinas Kesehatan Dumai pada Senin (4/5/2020) lalu. Hasil Rapid Test positif, dilanjutkan pemeriksaan swab test dengan hasil positif juga.

"Kondisi pasien 16 saat ini bisa dikatakan sehat. Bisa dikatakan tanpa gejala. Namun sesuai protokol penanganan Covid-19, SO tetap disolasi sesuai protap untuk mencegah penyebaran virus Corona," imbuhnya.

Dirinya mengaku, untuk pasien 16 tracking kontak sudah dilakukan kepada orang terdekat, dan keluarga terdekat korban dan hasil rapid tes hasilnya negatif.

Syaiful mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan menjalankan imbauan dari pemerintah, karena saat ini para pasien positif didominasi OTG.

"Kami imbau masyarakat Dumai, untuk tidak keluar rumah. Jika keluar rumah gunakan masker dan menjauhi keramaian, karena tidak ada yang tahu apakah orang tersebut terinfeksi Covid-19 atau tidak, karena ada OTG," pungkas Syaipul.*

Penulis: Redaksi

Editor: M Ridduan


Tag:Covid 19 Dumai