672 Orang di Dumai Mengidap HIV Aids

Jumat, 28 Desember 2018 09:31:00
BAGIKAN:
Istimewa

RIAUPEMBARUAN.COM - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Dumai melakukan Rapat Koordinasi Internal Pengurus dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana KPA Dumai, Eko Suharjo dan membahas rencana pergantian pengurus KPA dan progran kerja kedepan, Kamis (27/12/2018).

Berdasarkan informasi dari KPA Dumai, sebanyak 672 orang mencapai 20 persen dari jumlah penduduk di Kota Dumai, dengan rincian 418 orang mengidap HIV dan 254 mengidap Aids per Oktober 2018. "Jumlah yang masih hidup saat ini asalah 265 orang pengidap HIV dan 137 orang pengidap Aids," sebut Eko.

Dijelaskannya, usaha untuk menekan angka pengidap HIV-Aids di Dumai terus dilakukan. Satu diantaranya adalah dengan cara melakukan koordinasi bersama Pemko Dumai terkait perizinan tempat hiburan malam yang akrab dengan aktifitas transaksi seksual.

"Sampai saat ini, saya tak tahu berapa jumlah izin dikeluarkan untuk usaha hiburan malam di Dumai," papar Eko yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Dumai ini.

"Saya heran juga, bagaimana cara menekannya jika izinnya terus dikeluarkan. Saya juga tak paham," sambungnya.

Terpisah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Dumai Nurbaiti mengatakan, ada tiga tahapan yang dilakukan oleh KPA Dumai dalam menghadapi para pengidap HIV-Aids.

"Pertama, kita lakukan pendampingan oleh kelompok dukungan sebaya dan Orang yang Hidup dengan Odha," sebut Nurbaiti.

Selain itu ada juga pembinaan dalam bentuk Dumai Support Grup yang menjadi wadah diskusi sesama pengidap. Diterangkannya juga, pihaknya sering melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan instansi terkait.

"Sepanjang 2018, kita sudah melakukan sosialisasi serentak di 20 sekolah. Kita berharap, kedepan bisa lebih banyak lagi," tutupnya.

Penulis: Sarwadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Meski Meraih Juara Harapan, Patra Niaga Tetap Bersemangat Dukung K3

    DUMAISATU.COM  - Tim Fire Fighter Patra Niaga menjadi Juara Harapan 1 pada Lomba Fire Fighter Combat se-Provinsi Ria
  • ABK Tongkang Hilang di Perairan Dumai

    DUMAISATU.COM - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) Tongkang SM Masterpiece 318 dinyatakan hilang di perairan Dumai pada Minggu (9/2/2020).
  • Angsuspel Dumai Dorong Perusahaan CPO Kurangi Ekspor Minyak Mentah

    DUMAISATU.COM - Ketua Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Dumai Rudi Junaidi mendorong perusahaan industri di sepanjang garis pan
  • KOMENTAR