Ekonomi

Kampung Gerakan Masyarakat Sehat Pentahelix Resmi Diluncurkan di Dumai

Redaksi Redaksi
Kampung Gerakan Masyarakat Sehat Pentahelix Resmi Diluncurkan di Dumai

DUMAISATU.COM -Untuk pertama kali nya di Provinsi Riau, Kampung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Pentahelix resmi diluncurkan di Kota Dumai. Launching Kampung Germas ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kota Dumai beralamat di Kel. Lubuk Gaung Kec. Sungai Sembilan, Dumai, Rabu (31/5/2023).

Kampung Germas Pentahelix ini nantinya bertujuan untuk memperkuat budaya hidup sehat di lingkungan masyarakat yang bekerja sama dengan seluruh stakeholder seperti Pemerintah, Instansi Vertikal dan pihak perusahaan maupun swasta lainnya atau yang termasuk kedalam unsur Pentahelix.

Menurut pernyataan Ketua TP PKK Kota Dumai Hj. Leni Ramaini Paisal. Kampung Germas Pentahelix Kel. Lubuk Gaung ini nantinya akan memberikan pemahaman yang kuat kepada masyarakat tentang perilaku hidup sehat dan dapat menurunkan angka stunting di Kota Dumai. Penguatan kampung Germas Pentahelix ini nantinya akan bekerja sama dengan seluruh stakeholder agar tujuan kampung Germas Pentahelix ini nantinya dapat tercapai.

Melalui sambutannya, Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS menyampaikan bahwa Kampung Germas Pentahelix harus menjadi percontohan bagi Kecamatan lainnya di Kota Dumai. Nantinya Kampung Germas Pentahelix ini akan kita bentuk satu di seluruh Kecamatan agar masyarakat Kota Dumai benar benar merasakan manfaatnya.

"Saat ini kita fokus bagaimana menurunkan angka stunting dan juga membiasakan perilaku hidup sehat untuk masyarakat Kota Dumai.

Usai sambutan Wali Kota Dumai, Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes menuturkan bahwa Kota Dumai adalah salah satu Kota yang cepat dalam eksekusi program kesehatan seperti percepatan UHC dan juga pelayanan BPJS mengungguli Kab/Kota lainnya di Provinsi Riau.

Lalu Beliau menyampaikan pula bahwa Kota Dumai yang berhasil menurunkan angka stunting dengan persentase yang cukup besar. Kadinkes Provinsi Riau menyampaikan pula bahwa pihak Provinsi akan terus mendukung Kota Dumai dalam memeberikan kemajuan pada bidang kesehatan.

"Saat ini Kota Dumai merupakan daerah di Provinsi Riau yang percepatan pelayanan kesehatan nya cukup maju di banding Kab/Kota lainnya. Peningkatan dan penguatan Kampung Germas Pentahelix ini tentu saja akan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan Provinsi Riau yang sehat terkhususnya masyarakat Kota Dumai yang sehat" terang Kadinkes Provinsi Riau dalam sambutannya.

Usai sambutan Kadinkes Provinsi Riau sekaligus membuka Kampung Germas Pentahelix, Wali Kota Dumai, Ketua TP PKK Kota Dumai dan Kadinkes Kota Dumai menyerahkan plakat kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan sebaliknya. Selain itu, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan menyerahkan Piagam Penghargaan atas Peran Serta Unsur Pentahelix dalam implementasi Kampung Germas Perdana serta Piagam Penghargaan atas Inovasi Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Kota Dumai kepada unsur OPD, Sekolah, RT serta Organisasi lainnya.

Wali Kota Dumai beserta rombongan berkesempatan untuk menyaksikan persembahan dari siswa/i SMP Negeri 6 yakni Tari 1000 Zapin dan Senam Germas dari ibu ibu kader posyandu Kel Lubuk Gaung serta diteruskan dengan meninjau stand bazar yang tersedia pada kegiatan ini.

Usai peninjauan selesai, Wali Kota bersama rombongan melaksanakan peninjauan dan kunjungan ke Kampung Germas Pentahelix yang terletak di RT 20 Kel. Lubuk Gaung Kec. Sungai Sembilan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kabid Kesmas Diskes Provinsi Riau beserta rombongan, Dandim 0320 Dumai Letkol Arh Hermansyah Tarigan, SE, Dansatradar Letkol Lek Muh Fathahillah P, Kadiskes Kota Dumai dr.Syaiful, MKM, Kepala OPD di Pemerintah Kota Dumai, Camat Sungai Sembilan Hergustiman, S.Sos, M.Si, Kabid pada Dinas Kesehatan Kota Dumai, Lurah Lubuk Gaung, Ketua TP PKK Kec. Sungai Sembilan, Ka. Puskesmas, RT, Kader Posyandu, Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik serta tamu undangan yang hadir pada kegiatan ini.*

Penulis: Redaksi

Editor: Hendri Kuswoyo


Tag:Pemko DumaiWalikota Dumai