Ekonomi

Dumai Direncanakan Pusat Pengembangan Udang Vaname Skala Besar

Redaksi Redaksi
Dumai Direncanakan Pusat Pengembangan Udang Vaname Skala Besar

Panen Perdana udang Vaname oleh Walikota Dumai Zulkifli AS

DUMAISATU.COM -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memilih Kota Dumai sebagai salah satu daerah untuk dijadikan pusat pengembangan dan budidaya udang Vaname bersekala besar. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Herman Mahmud di Pekanbaru, Senin (2/11/2020).

"Kemarin kita bersama tim KKP dan Pak Prof. Rokhmin Dahuri meninjau langsung rencana lokasi di Dusun Geniot Kelurahan Basilam Baru, Kec Sungai Sembilan, Dumai," kata Herman.

Namun, Herman belum dapat mastikan kapan rencana pembangunan budidaya udang bersekala besar tersebut akan mulai direalisasikan. Adapun pihaknya masih membicarakan hal tersebut antara Pemerintah Kota Dumai, Pemerintah Provinsi Riau dan KKP.

"Kita masih bahas dulu Detail Desaign Engineering (DED-nya). Untuk sasaran lokasi sudah dilakukan. Potensi sekarang sudah ada 200 hektar," tambahnya.

Dikatakan Herman, bila sesuai rencana, pembangunan di lokasi tersebut akan mencakup mulai dari hulu hingga ke hilir dengan memberdayakan masyarakat di daerah setempat.

"Jadi nanti juga akan dibangun pabrik pakannya, pengolahannya, akan dikelola secara terpadu. Tujuannya untuk pembedayaan masyarakat di sana," terang Herman.*

Penulis: Redaksi

Editor: M Ridduan

Sumber: MediaCenterRiau


Tag:Berita DumaiPemko DumaiUdang Vaname