Ekonomi

Rutan Dumai Berlakukan Pelayanan Jasa Perbankan


Rutan Dumai Berlakukan Pelayanan Jasa Perbankan
DUMAISATU.COM - Rumah Tahanan Kota Dumai resmi berlakukan pelayanan jasa perbankan dalam optimalisasi transaksi nontunai bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia untuk memudahkan segala transaksi keuangan warga binaan.
 
Menurut Kepala Rutan Dumai Edi Mulyono, di Dumai, Senin, pelayanan perbankan ini untuk menyukseskan juga gerakan nasional nontunai yang dicanangkan pemerintah, sekaligus untuk menghindari peredaran uang tunai di tengah warga binaan.
 
"Program ini untuk mencegah peredaran uang tunai di lingkungan rutan, dan warga binaan bisa bertransaksi keuangan dengan mudah asal memegang kartu seperti layanan jasa uang eletronik," kata Edi, seperti dikutip ANTARA.
 
Dikatakan, keuntungan lain program diberi nama Brizzi ini keluarga warga binaan tidak harus datang ke rutan untuk mengirimkan uang, karena bisa dikirim atau umumnya seperti jasa perbankan.
 
Rutan Dumai sangat menyambut baik jasa perbankan ini karena bisa mencegah kehilangan uang tunai dan pengiriman dari keluarga tanpa ada pertemuan dengan maksimal Rp1 juta.
 
"Layanan ini juga baik untuk keluarga binaan karena bisa mengirimkan uang tanpa ada pertemuan, dan bakal ada undian berhadiah bagi warga binaan beruntung terdaftar sebagai nasabah brizzi tersebut," sebutnya.
 
Untuk tahap awal, dari total jumlah warga binaan 832 orang warga binaan, ditargetkan di bulan ini separuh penghuni mendaftar mengikuti program pelayanan jasa perbankan tersebut.
 
Sementara, Kepala BRI Cabang Dumai Widriyo Aribowo menjelaskan, gerakan nasional non tunai ini sudah dimulai Bank Indonesia pada 2014, dan BRI salah satu bank ditunjuk menerapkan di lingkungan rumah tahanan.
 
Pelaksanaan program ini diawali dengan penandatanganan kerjasama dua pihak, dan selanjutnya diadakan sosialisasi, baik ke warga binaan maupun kepada seluruh masyarakat dan keluarga.
 
"Diharapkan transaksi warga binaan di lingkungan rutan dengan non tunai, dikelola melalui koperasi, sehingga tidak ada peredaran uang tunai," katanya. (ant)
 
Editor: Mulak Sinaga 
Penulis:


Tag:Rutan Dumai