Ekonomi

Relokasi Ratusan Pedagang Pasar Dock Berjalan Lancar


Relokasi Ratusan Pedagang Pasar Dock Berjalan Lancar
Net Ilustrasi

DUMAISATU.COM - Ratusan pedagang Pasar Dock yang berjualan di sepanjang Jalan MH Thamrin, Kota Dumai akhirnya sepakat untuk dipindahkan ke Pasar Kelakap Tujuh di Jalan Kelakap Tujuh Kecamatan Dumai Barat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai H Zulkarnan, Minggu (14/1/2018).

"Kamis (11/1/2018) lalu kami sudah menggelar sosialisasi melibatkan seluruh para pedagang pasar dock keputusannya seluruh pedagang sepakat pindah ke pasar Kelakap,” kata Zulkarnaen.

Tim terpadu sudah kita bentuk untuk mensukseskan program tersebut. "Kami memberi waktu sampai Minggu (14/1/2018) agar seluruh pedagang memindahkan barang dagangannya," tambahnya.

Menurut Zulkarnaen, sebelumnya Dinas Perdagangan telah mendata seluruh pedagang yang berjualan di Pasar Dock. Setelah didata para pedagang diberi tempat atau lapak di tempat yang baru yaitu di Pasar Kelakap. Ada sekitar 400 pedagang yang akan menempati Pasar Kelakap dan sekitar 140 pedagang baru yang sudah mendaftar untuk menempati lapak di Pasar Kelakap.

"Kalau tempat atau lapak saya rasa cukup untuk menampung seluruh pedagang sebab sebelum relokasi tim sudah melakukan pendataan terlebih dahulu," paparnya.

Dia juga berharap proses pemindahan pedagang Pasar Dock Ke Pasar Kelakap berjalan dengan baik tanpa ada kendala apapun.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Dumai RH Bambang Wardoyo mengatakan jauh hari sebelumnya Satpol PP sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada pedagang Pasar Dock untuk  pindah ke Pasar Kelakap.

Meski sempat mendapat penolakan Satpol PP bersama Dinas Perdagangan terus melakukan pendekatan kepada sejumlah pedagang yang berjualan di tepi Jalan MH Thamrin. Hingga akhirnya para pedagang sepakat untuk direlokasi ke tempat yang baru.

“Alhamdulillah pedagang sepakat dipindahkan. Kami melakukan tindakan persuasif dan berdialog langsung dengan para pedagang yang belum membongkar lapaknya hingga Minggu siang agar segera pindah," tegasnya.

Pantauan di lapangan, sebagian besar pedagang sudah memindahkan seluruh barang dagangannya ke Pasar Kelakap hanya beberapa pedagang yang belum pindah.

"Kami terus melakukan pendekatan sampai seluruh pedagang pindah," tutupnya.

Penulis: Ganda Jaya

Penulis: