Ekonomi

5 Kali Berturut-Turut WTP, Wali Kota Dumai Terima Pelakat Penghargaan

Redaksi Redaksi
5 Kali Berturut-Turut WTP, Wali Kota Dumai Terima Pelakat Penghargaan

DUMAISATU.COM -Wali Kota Dumai, H. Paisal bersama Sekretaris Daerah Provinsi Riau dan 7 (tujuh) wali kota dan bupati lainnya mendapatkan plakat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (5/12/2022).

Plakat penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Riau, Ismed Saputra, dan disaksikan oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Orang nomor satu Dumai menerima WTP 5 tahun berturut-turut tahun 2022, bersama tujuh kepala daerah lainnya yaitu Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, Bupati Bengkalis Kasmarni, Bupati Inhil Wardan, Pj. Bupati Kampar Kamsol, dan Bupati Rohul Sukiman. sedangkan Sekda Provinsi Riau, SF Hariyanto menerima WTP 10 tahun berturut-turut.

Dikutip dari laman website Media Center Riau, Ismed Saputra mengucapkan selamat atas prestasi dan penghargaan yang telah didapatkan oleh para pemerintah daerah atas laporan keuangan kepada pemerintah daerah.

Dalam kesempatan itu, Ismed menyampaikan perekonomian Riau menunjukkan tren positif dengan pertumbuhan sebesar 4,63 persen (y on y) di Triwulan III 2022, dengan inflasi moderat mencapai 5,72 persen dari Januari hingga Oktober 2022.
Serangkaian dengan itu, juga diserahkan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2023 kepada kementerian/lembaga, dan kabupaten/kota se Provinsi Riau.

"DIPA kementerian/lembaga dan alokasi dana transfer merupakan simbol dari dimulainya pelaksanaan APBN dan APBD. Kegiatan ini diharapkan menjadi momen yang sangat penting sehingga pembangunan dapat dilaksanakan dengan tepat waktu, tepat sasaran, dan akuntabel, untuk pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan khususnya di Provinsi Riau," imbuh Ismed.

APBN tahun 2023, kata Ismed, dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi namun pada saat yang sama juga meningkatkan kewaspadaan dalam merespon gejolak global yang masih terus berlangsung.

Disisi lain, Wali Kota Dumai, H. Paisal mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi dan capaian yang diraih.

"Alhamdulillah, mencapai prestasi ini bukan hal yang mudah dan mempertahankan lebih sulit. Terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah berupaya optimal sehingga kita mendapatkan penghargaan ini. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan agar meraih capaian serupa yang lebih baik ke depan," tuturnya.

Selain kerja keras mempertahankan dan meningkatkan capaian yang telah diraih, Paisal berharap bimbingan dan arahan dari segenap isntansi terkait baik dari Inspekrotat Provinsi Riau maupun BPKP, terlebih lagi dari BPK Perwakilan Provinsi Riau sebagai institusi pemeriksa Laporan Keuangan bagi Pemko Dumai dalam menyajikan pengelolaan serta laporan keuangan secara transparan dan akuntabel memenuhi standar akuntansi pemerintah yang memadai.

"Mohon bimbingannya, agar Pemko Dumai bisa mempertanggungjawabkan pemanfaatan dan penggunaan seluruh anggaran yang ada seluas-luasnya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.*

Penulis: Redaksi

Editor: Hendra Gunawan


Tag:Pemko DumaiWalikota Dumai