Air Bersih Jadi Komoditas Politik

Selasa, 06 Desember 2016 19:36:00
BAGIKAN:
ilustrasi
AIR Bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi.
 
Ironisnya, program air bersih yang selama ini di idam-idamkan masyarakat tak kunjungan terealisasi. Parahnya lagi masalah air bersih telah jadi komoditas politik setiap pencalonan kepala daerah untuk menarik hati masyarakat. 
 
Begitu masyarakat sudah memilih dan mendudukan kepala daerah yang mengobral program air bersih, tak kunjung diwujudkan janji realisasi air bersih tersebut kepada masyarakat pemilihnya.
 
Padahal, anggaran daerah Kota Dumai telah habis Rp.140 miliar untuk PDAM Kota Dumai sejak 2008 silam. Namun, kenyataan di lapangan tidak setimpal dengan rencananya. 
 
Kemudian air bersih banyak memberikan manfaat yang besar terhadap kehidupan. Salah satu yaitu dapat menjaga kesehatan tubuh, selain berguna untuk memasak, dan mencuci segala sesuatu.
 
Tetapi jika air bersih itu tidak bisa kita dapatkan, mungkin kita akan merasa tidak nyaman dalam keadaan seperti itu. Semua akan terhambat tanpa air, karena kita terbiasa menggunakan air bersih dalam melakukan terutama pekerjaan rumah.
 
Namun, apa lacur? Setelah “Mafia Politik” tersebut duduk ditampuk kekuasaan justru air bersih semakin tak nampak. Dalih defisitnya anggran menjadi alasan penguasa. 
 
Masyarakat melolong keras sekeras tantangan kehidupan sehari-hari. Harusnya Penguasa atau Pemerintahan yang menjabat saat ini mencari solusi tepat agar program itu benar-benar terwujud dan tak sekedar bualan semata.
 
Pengambilan keputusan berdasarkan kemanusiaan sangat jauh dari kenyataan, padahal saat dirinya akan dipilih menjadi Kepala Daerah suara rakyat sangat diharapkan.
 
Inikah janji politik? Janji yang hanya tinggal janji menjelang dirinya terpilih, jika ini benar memang pantas mereka para pemimpin dinegri ini layak disebut sebagai “Penipu Rakyat”.
 
Semoga jeritan hati masyarakat untuk menantikan program air bersih itu mampu membuka hati pemimpin dinegeri ini. Dan ketersediaan air bersih yang dikucurkan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) benar-benar mengalir ke rumah masyarakat.
 
Penulis: Rezi AP - Pemimpin Redaksi
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 18 Tahun Dumai Jadi Kota Persinggahan

    DUMAI merupakan daerah berkembang pesat dalam bidang Industri, dahulunya sebuah kecamatan dibawah Kabupaten Bengkalis dan meranj

  • Membenahi Budaya Banjir Kota Dumai

    BANJIR hal itu bukan lagi dianggap aneh untuk daerah di Indonesia, ada beberapa penyebab banjir diantaranya faktor cuaca, lingku

  • Maraknya Balap Liar Dikalangan Remaja

    BALAPAN Liar saat ini sudah menjadi fenomenal, karena ajang tersebut sangat menantang dan menarik bagi si penunggang kuda besi tersebut.
    &nb
  • Bom Waktu Kapitalisme Pipa Gas

    GELIAT pertumbuhan industri pabrik wilayah pantai timur sumatera menjadi peluang investasi menjanjikan. Ini tentunya memberikan

  • KOMENTAR