• Home
  • CSR
  • Zul AS: Kembangkan SDM Dumai Melalui Dana CSR

Zul AS: Kembangkan SDM Dumai Melalui Dana CSR

Senin, 09 Mei 2016 13:25:00
BAGIKAN:
DUMAISATU.COM - Walikota Dumai Zulkifli AS mengatakan semenjak diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Desember 2015 lalu, persaingan bursa tenaga kerja di Indonesia semakin ketat dan kompleks, termasuk di Kota Dumai.
 
"Agar tidak  kalah bersaing, maka solusinya SDM lokal harus siap. Untuk memersiapkan SDM yang siap bersaing tersebut harus ada kerjasama antara pemerintah dan pihak swasta atau perusahaaan," katanya, Senin (9/5/16).
 
Orang nomor satu di Kota Pelabuhan dan Industri ini meminta kepada seluruh perusahaan di kota Dumai agar turut membantu peningkatan SDM Kota Dumai melalui dana Corporate Social Reponsibility (CSR) perusahaan.
 
"Kita tak bisa diam, peningkatan SDM sangat penting. Perusahaan diminta turut berpartisipasi mengembangkan SDM dengan menggunakan dana CSR perusahaan untuk melakukan pelatihan tenaga kerja," harapnya.
 
Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin, mengaku  siap melakukan pelatihan tenaga kerja Dumai, kalau perusahaan bersedia dan bisa mengucurkan dana CSRnya.
 
"Kami siap mendatangkan istruktur untuk melakukan pelatihan. Rumah terampil kita tersedia untuk  tempat pelaksanaan pelatihan tenaga kerja. Intinya kami siap melaksanakan kegiatan itu asal didukung program CSR perusahaan," katanya.
 
Dijelaskannya, mengingat dana APBD Dumai tergolong minim dan tak mampu mengakomodir seluruh program pelatihan yang direncanakan, sudah seharusnya perusahaan yang ada di Dumai membantu pemerintah daerah. 
 
"Kita akan melakukan pelatihan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan dan pasar kerja yang tersedia. Disnakertrans Kota Dumai siap bekerjasama dengan perusahaan untuk melakukan pelatihan tenaga kerja," ungkapnya. 
 
Keterangan yang berhasil dirangkum di Dumai menyebutkan, dalam rangka menghadapi MEA, peningkatan SDM sangat penting. Mau tak mau pelatihan tennaga kerja harus lebih ditingkatkan bagi daerah ini.
 
Pelatihan dengan dana APBD Tahun 2016 sudah dilakukan. Disnakertrans Kota Dumai sudah melakukan pelatihan meliputi welder sertifikasi, boiler sertifikasi, pelatihan salon, pelatihan menjahit, bordisr, lokomotif dan pelatihan instalasi listrik.
 
Sementara untuk pelatihan usaha mandiri, perusahaan diharapkan turut ambil bagian melakukan pelatihan dengan menggunakan dana tanggung jawab social atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang beroperasi di Dumai.
 
(red/adi)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kadin Dumai Ingin Persaingan Usaha Sehat Terwujud di Kota Dumai

    DUMAISATU.COM - Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Dumai, Zulfan Ismaini melaksanakan kunjungan kerja ke Komisi
  • Dana Investasi Rp1,3 Triliun Masuk Kota Dumai

    DUMAISATU.COM - Dumai memang menjadi tujuan investasi para investor. Tahun ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu

  • Keluhan Perusahaan Lokal, Ada Praktik Monopoli Perusahaan Industri di Dumai, Benarkah?

    DUMAISATU.COM - Sejumlah perusahan industri yang beroperasi di Kota Dumai sudah punya perusahaan pelayaran sendiri, sehingg

  • IKMR,IWMR dan IPMR Kota Dumai Salurkan Bantuan Korban Kerusuhan Wamena Papua

    DUMAISATU.COM - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) dan Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) K

  • KOMENTAR