• Home
  • Budaya
  • Wadah Sosial KS4 Dumai Berbagi Nasi Gratis

Wadah Sosial KS4 Dumai Berbagi Nasi Gratis

Kamis, 24 Januari 2019 15:20:00
BAGIKAN:
Istimewa

DUMAISATU.COM - Aksi sosial yang dilakukan Komunitas Sahabat Saleha Suka Sedekah (KS4) Kota Dumai dengan memberikan nasi gratis tidak hanya membantu para musafir dan masyarakat yang membutuhkan, namun juga meningkatkan minat anak-anak untuk rajin ikut sholat berjamaah khususnya shalat Jumat di Masjid yang diletakkan stelingan nasi gratis.

Efniwati, ketua KS4 Kota Dumai, mengatakan pendirian Gerai Nasi Murah KS4 yang berlokasi di jalan Jendral Sudirman tepatnya di seberang jalan HR soebrantas oleh pihaknya merupakan bentuk pengembangan dari steling nasi gratis yang berawal untuk membantu keluarga pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.

Dikatakannya, setelah melihat aksi yang telah dilakukan oleh KS4 yang dalam 2 bulan perjalanannya sudah beranggotakan 219 orang ahli sedekah tersebut sangat bermanfaat untuk keluarga pasien di RSUD dan juga bagi pengunjung RSUD yang berobat jalan membutuhkan makanan untuk mengganjal perut disaat menunggu masa berobat selesai, pihaknya melakukan pengembangan untuk memberikan makanan dan juga beraneka ragam kue untuk jamaah di beberapa masjid kota Dumai setiap hari Jumat.

"Dengan adanya makanan dan kue yang berasal dari sedekah anggota KS4 serta donatur yang peduli setiap hari Jumat di Masjid, membawa makna positif, dimana anak-anak menjadi lebih ramai menunaikan sholat Jumat," kata Efniwati, Rabu (23/1/2019).

Setelah berjalan sesuai dengan harapan dan stelingan sudah menjadi ladang pahala bagi ahli-ahli sedekah dengan terus mendatangkan ahli sedekah baru, maka pemberian makanan gratis terus dikembangkan oleh pihaknya dengan juga memberikan nasi gratis kepada penarik becak dayung, petugas kebersihan dan lainnya.

"Dari hal itu, atas perbincangan disuatu kesempatan pertemuan KS4 dengan FPI kota Dumai tercetuslah ide untuk membuka gerai nasi murah, dimana makanan yang disediakan dapat diperoleh langsung oleh masyarakat yang sangat membutuhkan, khususnya kaum dhuafa," katanya.

Pendirian tersebut dikatakannya, bersumber dananya dari anggota KS4 sendiri dan juga dari beberapa donatur yg peduli dengan kegiatan sosial kemasyarakatan ini.

Dengan adanya gerai tersebut, pihaknya berharap akan muncul para dermawan-dermawan ahli sedekah baru yang memperhatikan warga yang kurang mampu dengan berbelanja dan bersedekah di gerai tersebut.

"Bagi kaum dhuafa dapat makan gratis di gerai ini, bagi warga yang ekonominya pas-pasan bisa membayar Rp 5000, dan bagi yang mampu bisa juga bersedekah," katanya kembali.

Gerai Nasi Murah ks4 tersebut, dikatakan Efniwati untuk saat ini hanya buka pada saat waktu makan siang hingga persediaan makanan habis setiap hari.

"Kalau untuk hari Jumaat gerai tutup karena KS4 fokus kepada stelingan yang ada di RSUD Dumai dan juga di Masjid yang diperuntukkan bagi jemaah2  usai menunaikan sholat Jumat,"  katanya menjelaskan.

Terakhir, selain kegiatan stelingan nasi gratis, gerai nasi murah, KS4 juga melakukan beberapa agenda sosial lainnya seperti bantuan untuk rumah tahfizs, bantuan sembako untuk keluarga miskin,bantuan pengobatan untuk keluarga tidak mampu dan bantuan mukena untuk mesjid d kota Dumai. (*)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Januari-April 2019, 144 Orang Penderita DBD di Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Terhitung dari Januari hingga April 2019. Terdapat sedikitnya 144 orang pasien penderita Demam Berdarah

  • Kebakaran Lahan Milik Pertamina Dumai Meluas

    DUMAISATU.COM - Hutan dan lahan milik PT Pertamina Refinery Unit (RU) II di Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan DumaiSelatan,

  • Ecko Cup U-14 Resmi Dibuka, Diikuti 24 SSB di Dumai

    DUMAISATU.COM - Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pembinaan sepakbola usi

  • Buruan, Ada Promo Diskon di PLN Dumai

    DUMAISATU.COM - PT PLN UP3 Dumai Sosialisasi promo dan diskon besar-besaran untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat

  • KOMENTAR