• Home
  • Advertorial
  • Zul AS: Fungsi Posyandu Menjaga Gizi Anak Agar Tetap Sehat

Zul AS: Fungsi Posyandu Menjaga Gizi Anak Agar Tetap Sehat

Senin, 02 April 2018 17:17:00
BAGIKAN:
Istimewa

DUMAISATU.COM - Walikota Dumai Zulkifli As menyebutkan, konsep dasar membangun sumber daya manusia dimulai dari usia dini di pelayanan posyandu sebagai fungsi menjaga gizi anak agar tetap sehat.

Fungsi posyandu diharap dapat dirasakan manfaatnya untuk pemantauan dan pelayanan kesehatan, penanggulangan penekanan resiko kematian bayi dan balita dengan program pengendalian penyakit menular serta imunisasi.

"Bicara soal membangun bukan hanya fisik saja, melainkan sumber daya manusia juga ikut dibangun," kata wali kota di sela penilaian lomba posyandu nasional kemarin.

Zul As juga menilai keberadaan posyandu memberi dampak pendidikan pada lingkungan, dan dapat memenuhi indikator serta kriteria untuk mencapai prestasi dan menyehatkan sumber daya manusia.

Kepala daerah berharap tim penilai dapat melihat dan menilai secara objektif, apa yang ada sebenarnya di lapangan dan Posyandu Kenanga mewakili Dumai menjadi terbaik di tingkat nasoinal.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Dumai Haslinar mengatakan, posyandu merupakan satu bentuk upaya promotif kesehatan berbasis masyarakat dan telah tumbuh aktif dan menyatu dalam kehidupan serta budaya masyarakat.

"Terpilihnya posyandu kenanga mewakili provinsi riau ke tingkat nasional merupakan capaian prestasi luar biasa, dan kita harapkan dalam penilaian mendapat hasil sesuai harapan," kata Haslinar.

Posyandu Kenanga berlokasi di Jalan Assalam Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur memiliki program unggulan Nenek Asiek, yaitu pelibatan seorang nenek mengawasi cucu mendapat ASI ekslusif dari ibu mulai usia nol hingga enam bulan.

Selain itu, program Nenek Asiek juga memberikan penyuluhan atau konseling kesehatan, mengajarkan teknik menyusui, pemberian 2 kapsul vitamin A warna merah 200.000 SI dan pemantauan pemberian ASI.

Penilaian posyandu tingkat nasional dilakukan tim Kementerian Kesehatan RI bersama Provinsi Riau dengan melihat keterpaduan pembinaan pemerintah daerah kepada posyandu serta aktivitas kader memberikan pelayanan. (Infotorial/Humas)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 35 Orang Paskibraka Dumai Dikukuhkan

    DUMAISATU.COM - Sebanyak 35 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Dumai dikukuhkan oleh Plt Sekda Kota Dumai Ha

  • Eko Suharjo Pimpin Rapat Teknis Evaluasi SPAM Dumai Rp489 Miliar

    DUMAISATU.COM - Pembangunan SPAM yang menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan total perkiraan nila

  • TNI dan Polri Olahraga Bersama Pemko Dumai

    DUMAISATU.COM - TNI dan Polri bersama Pemko Dumai menggelar olahraga bersama Jumat (28/6/2019) pagi di Lapangan Makodim 032

  • DLH Dumai Gelar Konsultasi Publik KLHS

    DUMAISATU.COM - Pemko Dumai melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai menggelar Konsultasi Publik Kajian Lingkungan H

  • KOMENTAR