Minggu, 20 April 2014
Header
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Peran Perusahaan Untuk Tenaga Kerja Tempatan,
Disnaker Dumai Monitoring ke PT SDS dan PT Meridan
Editor: Rezi AP
Selasa, 19 Februari 2013 | 13:30:09
Dumaisatu.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kota Dumai melakukan monitoring seluruh perusahaan di Dumai guna memantapkan segala kegiatan yang bersangkutan dengan ketenagakerjaan ke dua perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit. Kedua Perusahaaan itu diantaranya PT Meridan dan PT Sari Dumai Sejati (SDS) yang berlokasi di Kecamatan Sungai Sembilan, Selasa (19/2/13).

Kunjungan kerja (Kunker) untuk mengetahui sejauh mana perekrutan tenaga kerja lokal bagi masing-masing perusahaan secara langsung dipimpin Amiruddin Kepala Disnakertrans Dumai, Ketua Apindo Dumai Ali Rahman, Jamsostek dan puluhan awak media cetak, elektronik dan online news. Topik kunker tersebut Disnaker masih mengutamakan penyerapan tenaga kerja lokal yang dipekerjakan kedua perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit tersebut.

Dalam kunjungan di PT Meridan, Kadisnakertrans Dumai Amiruddin mengatakan sejauh mana perusahaan menampung tenaga kerja lokal, apakah sudah benar-benar menjalankan ketentuan dengan sistem 70 atau 30. Jumlah 70 itu di rekrut dari tenaga lokal dan 30 direkrut dari tenaga luar Dumai. Makanya kedatangan ini untuk memastikan jumlah secara keseluruhan tentang jumlah pekerja di PT Meridan ini.

Diharapkan juga dengan adanya pertemuan ini, Kadisnaker meminta kepada perusahaan untuk melaporkan jumlah pekerja lokal. Dengan adanya laporan itu, kata dia, tentunya akan diketahui penyerapan tenaga kerja lokal yang ditampung PT Meridan selama ini. Upaya ini untuk menekan jumlah angka pengangguran yang terjadi di Kota Dumai. Selain sebagai sarana pengurangan angka pengangguran tentunya juga akan menjadi program pelatihan Disnaker dalam menyiapkan tenaga ahli yang dibutuhkan perusahaan itu sendiri.

Sementara apa yang disamapikan Kadisnaker Dumai Amiruddin juga berlanjut di PT Sari Dumai Sejati. Dimana perusahaan ini juga bekerja sebagai pengolahan minyak kelapa sawit di daerah Lubuk Gaung Sungai Sembilan diharapkan untuk melaporkan seluruh jumlah tenaga pekerja lokal. Hal ini dilakukan sebagai salah satu program pemerintah dalam menekan angka jumlah pengguran di Dumai.

Kadisnaker Dumai menjelaskan, perusahaan yang sudah lama beroperasi tahun 2013 akan diberikan MoU tentang peluang perekrutmen tenaga kerja. MoU itu sendiri nantinya akan diupayakan untuk mencakup kebutuhan tenaga kerja lokal yang sudah memiliki ketrampilan sesuai dibutuhkan perusahaan. Maka dari itu membuat komitmen kepada perusahaan yang secara langsung di keluarkan Disnakertrans Dumai sebagai langkah menanggapi persoalan tenaga kerja di Dumai.

"Kami akan melakukan survie seluruh perusahaan yang ada di Kota Dumai untuk mengetahui jumlah pekerja lokal berapa banyak sudah terserap. Maka saya minta kepada perusahaan untuk melaporkan jumlah pekerja. Kita juga mengeluarkan program MoU kepada masing-masing perusahaan tentang perekrutan pekerja lokal. Semua langkah ini untuk kepentingan masyarakat Dumai yang selama ini mengeluh tidak mendapatkan kerja," jelas Kadisnakertrans Dumai Amiruddin.

Managar Umum PT Maridan, Randa Irawan mengatakan sejauh ini pekerja yang di pekerjakan di perusahaan yang dimpimpinnya tersebut sebanyak 100 orang. Jumlah tersebut sejauh ini masih dilakukan pekerja lokal yang mayoritanya di sekitaran operasi PT Meridan di Kecamatan Sungai Sembilan. Sedangkan jumlah itu sendiri murni keryawan PT Maridan dan tidak dari Kontraktor rekanan perusahaan. Kemudian untuk mensukseskan program K3 sendiri PT Maridan sendiri sangat mendukung dan sudah dilaksanakan sebagaimana harapan dari Kementrans RI untuk menekan zero insiden laka kerja di dunia usaha.

Bahkan PT Meridan sendiri kata Randa Irawan, bakal melakukan perekrutan sebanyak 100 orang pekerja yang akan dilakukan pada tahun depan. Upaya yang dilakukan itu tentunya akan menjadi kesempatan bagi tenaga kerja lokal untuk menadapatkan pekerjaan. Tentunya perekrutan itu memiliki seleksi sangat ketat dari perusahaan sendiri, makanya pihak perusahaan mendukung upaya pemerintah menyiapkan sumber daya manusia untuk bersaing bekerja di PT Maridan sendiri pada tahun yang akan datang.

Kemudian dari PT Sari Dumai Sejati (SDS) yang secara langsung dipimpin Pinondang menjelaskan mengenai lowongan kerja pada tahun 2013. Sedangkan mengenai tenaga kerja di PT SDS sendiri tercatat 388 sesuai Kartu Tanda Penduduk Dumai. Sedangkan untuk Riau 7 dan di luar wilayah Riau 56 dengan total secara keseluruhan 451 pekerja di perusahaan PT Sari Dumai Sejati. Jumlah ini sendiri dijelaskan, bentuk kekomitan perusahaan terhadap tenaga kerja lokal sebagaimana yang diharapkan Pemerintah Kota Dumai sendiri.

"Jumlah ini semua bedasarkan data yang sudah dilakukan perusahaan dan diserahkan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kemudian kecelakaan tenaga kerja pada tahun 2012 hanya dua kasus diantaranya jari terjepit filter press dan jatuh dari sepeda motor yang dibawa pekerja itu sendiri. Makanya kita komit mensukseskan program K3 yang ditekankan Kementrans RI kepada perusahaan. Sedangkan untuk lowongan kerja SDS pada 2013 akan merekrut tenaga kerja sebanyak 112 orang dari creteria pendidikan ," jelas petugas PT Surya Dumai Sejati kepada rombongan kunker Disnakertrans Dumai.

Sedangkan Ketua Apindo Dumai, Ali Rahman juga memberikan satu solusi wadah dalam perekrutan tenaga kerja tersebut dengan melibatkan dari masing-masing perusahaan bersama Disnaker Dumai. Sementara mengenai pelatihan tenaga kerja sendiri, kata Ali Rahman, pelatihan tenaga kerja itu dilakukan sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan itu sendiri dalam merekrut tenaga kerja. Apindo sendiri juga sudah membuat kesepakatan dengan Disnaker, menindaklanjuti ketenagakerjaan untuk wilayah Dumai.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.dumaisatu.com
Terdapat 1 komentar untuk artikel ini.
as.selamat sore bapak/ibu PT. SDS dan PT. MERINDAN saya mau bertanya apakah masi ada loker buat saya, saya ingin mengajukan surat lamaran pekerjaan keperusahaan yg bapak/ibu pimpin, kalau ada apa saja persyaratan nya,dan di antar kemana atas pehatian bpk ibu saya ucapkan terima kasih

Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!