Kamis, 23 Oktober 2014
Header
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Pemko Dumai Sosialisasi PBB-P2 dan BPHTM
Munir Al-Jawari
Sabtu, 3 November 2012 | 19:25:18
DUMAI - Pemerintah Kota Dumai baru-baru ini mensosialisasi pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) menjadi Pajak Daerah di gedung Pendopo, Jalan Putri Tujuh, Dumai Timur.


Hal itu sesuai dengan amanat UU Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Restribusi Daerah. Dimana pengelolaan Pajak Bumi dan Banguan (PBB) diserahkan sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat kepada Kabupaten/Kota.

Untuk itu, diperlukan langkah yang terencana dan pasti agar proses pengalihan PBB sebagai salah satu sector penerimaan pendapatan daerah dapat berjalan dengan lancar. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Dumai Hamdan Kamal.

"Pemko Dumai akan melaksanakan pengolahan PBB pada Januari 2013. Untuk itu, diperlukan langkah yang terencana dan pasti agar proses pengalihan PBB sebagai salah satu sektor penerimaan pendapatan daerah dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Kata dia, PBB merupakan salah satu sumber penerimaan bagi pemerintah kabupaten/kota berdasarkan keputusan menteri keuangan tentang pembagian hasil penerimaan PBB antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Dimana pemerintah pusat mendapatkan bagian hasil 10 persen dan daerah 90 persen.

"Sebagai langkah-langkah persiapan yang dilakukan pemerintah untuk menerima PBB menjadi pajak daerah antara lain menyiapkan Perda tentang PBB, menganggarkan kegiatan yang berkaitan dengan pengalihan PBB pada APBD 2012, menyiapkan organisasi dan tata kerja, serta menyiapkan SDM yang akan melaksanakan pengolahan PBB dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan PBB," kata Amdan Kamal.

Bahkan untuk mewujudkan program ini, pihaknya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat menyatukan visi dan persepsi serta menambah wawasan, khususnya bagi para peserta sosialisasi percepatan pengalihan PBB dan BPHTB, sekaligus mampu menerapkan dan melaksanakannya di setiap unit kerja yang ada di lingkungan Pemko Dumai.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.dumaisatu.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!