Ekonomi

Dispenda Dumai Hasilkan PAD PBB Rp3 Miliar


Dispenda Dumai Hasilkan PAD PBB Rp3 Miliar
DUMAISATU.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) setempat berhasil menyumbang keuangan daerah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp3 miliar.
 
Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Dumai, Hendra Usman, mengatakan bahwa dana itu bersumber dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
 
"Jumlah ini mengalami kenaikan ketimbang tahun sebelumnya. Namun naiknya PAD tersebut berkat pendataan ulang kepada wajib pajak yang dilakukan pihaknya," katanya, Kamis (22/9/16).
 
Dijelaskannya, tahap awal ada sekitar 8 wajib Pajak yang dilakukan pendataan khusus. Penyumbang terbesar itu PT Wilmar, PT KLK, PT SDS, PT Meridan dan beberapa perusahaan di area Pelindo Dumai.
 
"Hasilnya kita mendapatkan penambahan PAD sebesar Rp 3 miliar dari sektor PBB. Kenaikan terjadi karena adannya penambahan bangunan, gedung di perusahaan tersebut," katanya. 
 
Menurutnya, jumlah tersebut baru didapat dari 8 perusahaan, belum secara keseluruhan untuk dilakukan pendataan ulang. Kata dia, tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah PAD dari PBB.
 
"Pendataan ulang wajib pajak potensial akan dilakukan secara kontinyu atau bertahap, seiring setiap tahun target PBB meningkat terus menerus yakni tahun 2016 mencapai Rp33 miliar," ujarnya.
 
Hendra menyakini dari hasil pendataan ulang ini PAD yang disumbangkan instansinya kepada keuangan daerah akan melebihi target. Makanya pihaknya optimis bisa menggaet PAD PBB melebihi target.
 
"Mengingat keuangan daerah mengalami penurunan. Makanya kita kerja keras untuk memberikan pemasukkan kepada keuangan daerah demi menunjang program pembangunan daerah ini menjadi lebih baik," pungkasnya.
 
Penulis: Zeky K
Penulis:


Tag:Pemko Dumai